Apakah AC menyababkan pemanasan Global

Dulu indonesia adalah salah satu paru-paru dunia. Banyaknya pepohonan dan hutan-hutan yang dimiliki Indonesia menjadikan Indonesia mendapat predikat tersebut. Namun, kini lain. Penebangan hutan liar, illegal logging menyebabkan hutan-hutan yang masih asri yang dimiliki oleh Indonesia berkurang. Indonesiapun berubah menjadi negara penghasil polusi udara dunia. Maka dari itu, marilah kita bersama-sama mengurangi bahaya pemanasan global yang berdampak buruk bagi kelangsungan hidup umat manusia. Bagaimana cara mengurangi dampak tersebut?

Salah satu cara yaitu mengurangi pemakaian barang-barang elektronik yang mengeluarkan gas CFC seperti AC dan kulkas. Apa itu gas CFC? CFC merupakan singkatan dari Chloro Fluoro Carbons. Gas ini merupakan gas buatan yang dikeluarkan oleh AC dan kulkas. Gas buatan ini meningkatkan kadar penipisan ozon. Dalam kurun waktu 5 tahun, CFC bergerak naik secara perlahan ke dalam stratosfer (10 km – 50 km). molekul CFC terurai setelah bercampur dengan sinar UV (ultraviolet) yang kemudian membebaskan atom klorin. Atom klorin tersebut dapat menyebabkan lubang ozon. (wikipedia.com). Selanjutnya lubang ozon tersebut dapat menyebabkan pemanasan global.

Nah, bagaiman
a cara agar kita bebas dari gas CFC? Sekarang, banyak peralatan elektroik seperti AC dan kulkas yang ramah lingkungan, yaitu bebas gas CFC. Kita sebagai konsumen harus pintar memilih produk yang ramah lingkungan. Jika kita membeli AC maupun kulkas, belilah produk yang berlogo NON CFC.
Selain membeli produk non CFC, kita juga harus ikut berpartisipasi dalam program penghijauan. Misalnya dengan cara menanam pohon hijau di pekarangan rumah kita. Dengan begitu polusi udara dapat berkurang dan akan mengurangi dampak pemanasan global. Let’s go green!!!

1 komentar:

HR_ELCOM mengatakan...

benner thu

Posting Komentar